Langsung ke konten utama

Bisnis Online Selain Jualan yang Bisa Anda Lakukan

Pramudya Ksatria Budiman:

Selamat malam teman-teman, malam ini saya ingin berbagi pengalaman & pengetahuan saya tentang publisher mindset yang sempat dibahas dikit oleh mas Airul.

Menurut saya pribadi, publisher mindset itu adalah berfikir bahwa monetize blog hanya bisa dari iklan (ppc, cpm dll) saja. Bahkan banyak pemula yang beranggapan bahwa website hanya bisa dimonetize oleh adsense saja. Terjebak di zona nyaman, modal posting backlink tiap bulan gajian.

Emang enak sih, cuma riset keyword, bikin artikel, posting, optimasi. Kalo traffic naik ditinggal pun masih ngasilin duit, jadi aset deh. (enak ya kalo ngomong doang, padahal aslinya mah ribet wkwk)

Padahal banyak banget peluang bisnis yang bisa kita dapatkan jika kita punya moneysite bagus.



Karena saya main blog indonesia manual, berikut ini contoh monetize blog Indonesia.

1. Affiliate

Kalo di Indonesia sendiri affiliate produk digital belum terlalu ramai jika dibandingkan dengan Amerika, vendor masih sangat terbatas sekali. Banyak teman-teman saya yang bikin blog kesehatan atau lebih spesifiknya blog tentang kehamilan, kemudian ikut affiliate e-book ibu hamil http://tipshamil.com/affiliasi.php. Komisi per penjualan lumayan. Alternatif lainnya bisa juga ikutan di ratakan.com.

2. Guest Post/Content Placement

Saya pernah dapet content placement di blog saya, 1 artikel dikasih harga Rp 300.000. Cuma modal posting doang, artikel mereka yang ngasih. Dulu dapet dari Zalora.

Beberapa marketplace & start up Indonesia lagi butuh banyak banget content placement di blog-blog publisher Indonesia yang authoritynya bagus. Budget mereka banyak buanget coy. Ada yang email langsung ke kita, ada juga yang kita harus jemput bola. Biasanya blogger-blogger personal yang dapet banyak dari sini, karena biasanya mereka bener-bener review produknya sekalian. Saya ada temen yang harga guest post di blog nya dia minimal 1jt/artikel. Lumayan kan?

3. Jualan Produk
Ini saya taruh di belakang, karena ini potensinya yang paling gede banget. Ga perlu saya jelasin, udah pada tau kan? Jadi langsung ke study case aja.

Saya punya blog yang bahas tentang sarang burung walet, saya cuma nulis di bawah "jika Anda ingin membeli produk ini, silahkan hubungi nomor di bawah ini."

Dan setiap hari ada aja yang nelpon & chat pengen beli, dan sekalinya beli bukan cuma kiloan tapi sampe ratusan kg. Yang paling gede minta supplai barang 300kg/bulan. Padahal harganya sendiri 15jt/kg. Dan kalo closing, untung buat saya minimal 1jt/kg. 300jt per bulan loh, kalo closing..

Dan salahnya saya, saya nggak riset & siapin stok dulu. Pas permintaan lagi tinggi-tingginya, saya bingung nyari barang bahkan bingung nyari suppliernya. Gajadi closing deh.

Temen saya juga pernah dapet permintaan pakan ayam 7ton, padahal cuma nulis artikel tentang "harga pakan ayam" doang. Cuma ya itu, kita ga siapin barang dulu di awal jadi pas ada permintaan malah keteteran. Pelajaran berharga buat temen-temen lainnya.

Padahal blog saya dan blog dia monetize awalnya ya cuma dari Adsense doang, ga kepikiran nyari duit dari model bisnis lain.

--

Btw apa yang dikatakan om Agiel tentang FB Ads to Adsense itu bener banget, banyak rancunya. Samar-samar.

Setau saya, metodenya gini.

Temen-temen bikin web, setting template dan peletakan iklan sebagus mungkin. Pokoknya goalnya orang buka web kita kemudian klik iklan. Jangan lupa pasang floating ads atau iklan melayang. Banyak juga yang sampe masang floating ads 2x. Jadi iklan pertama udah diclose, masih muncul lagi floating ads dengan ukuran yang lebih kecil. Padahal iklan pertama aja biasanya ukurannya separuh layar hape kita. Nah disini tujuannya biar visitor yg masuk ngeklik tombol close, malah ngeklik iklan. Pokoknya segala macam cara dilakukan agar visitor klik iklan & jadi duit. Asik kan? Asik banget..

Saya sendiri merupakan mantan pemain floating ads, memang earningnya gede banget. Minimal 2x lipat dari earning biasanya, bahkan rekor saya pernah 5x lipat. Yang harusnya $4/day bisa sampe $20an per day. Enak kan?

Dan setau saya, rata-rata para pemain fb ads to adsense emang pake iklan melayang biar bisa nutup

Sumber : GRUP TG SEO INDONESIA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alamat J&T Area Bumi Sani dan Tambun Bekasi

Mungkin teman-teman tidak asing lagi dengan jasa pengiriman yang satu ini, bisa dikatakan jasa pengiriman ini adalah saingan terberat JNE( AWAS! Ini Perbadaan Mendasar POS dan JNE) yang telas mengusai jasa pengiriman di era digital Indonseia ini. Beberapa pelanggan ol shop saya juga banyak yang memilih jasa pengiriman ini dibanding jasa pengiriman lainnya. Saat ini agen J&T hadir di beberapa daerah seperti di Tambun, atau bila kita melakukan perjalana melewati bumi sani akan menemukan juga Agen J&T disana, tepatnya didekat lapangan Tenis Bumi Sani. Salah satu jasa pengiriman yang sering dipakai oleh ol shop ataupun masyarakat biasa yang ingin mengirim barang kirimannya adalah J&T. Meskipun tergolong baru, namun kualitas pelayanannya tidak bisa diremehkan oleh jasa pengiriman lainnya. Salah satu kelebihan jasa pengiriman JT adalah bisa melakukan jemput barang pengiriman langsung dari rumah kita, tanpa harus kita antar barang kirimannya ke Agen J&T.  Namun sal

Alamat Dakota Cargo Tambun Bekasi

Para Ol Shop tidak asing lagi dengan Jasa pengiriman cargo ini, Merk Cargo ini sudah lebih dikenal terlebih dahulu dibanding dengan cargo-cargo yang lainnya. Kemarin saya sedikit bingung saat ingin mengirim pesanan meja belajar lipat costum desain pesanan salah satu custumer dari samarinda.  Berat pesanan barang tersebut tidak tanggung-tanggung mencapai kurang lebih 100KG, saya khawatir bila menggunakan jasa pengiriman biasa harga ongkirnya akan melambung tinggi, bisa mencapai separuh total harga barang pesanannya. Hadeeh. Saya mulai melakukan survei ke beberapa jasa pengiriman barang, saya cek juga beberapa tarif jasa pengiriman melalui online, akhirnya teman meyarankan untuk menggunakan Dakota Cargo yang ada di Tambun Bekasi, karena dia beberapa kali mengirim barang dengan  jumlah banyak dan jarak yang jauh menggunakan Dakota Cargo ini. Ternyata posisi tempatnya tidak terlalu jauh dari tempat tinggal saya dan tempat tersebut sangat familiar karena merupakan jalur

Alamat Lengkap Indah Cargo Warung Bongkok, Jangkauan Area Cikarang - Tambun - Bekasi

Salah satu custumer kami meminta untuk mengirimkan barang pesanannya melalui jasa pengiriman Indah Cargo . Alasan pembeli adalah sebelumnya beliau pernah melakukan pengiriman barang dengan Indah Cargo juga karena biaya ongkos kirimnya relatif lebih murah (selain Indah Cargo ada juga DAKOTA CARGO ) dari jasa pengiriman lainnya. Namun menjadi kendala bagi kami adalah bahwa kami tidak mengetahui alamat Agen Indah Cargo di daerah Tambun, Bekasi yang dekat sekitar rumah kami. Karena kami biasanya melakukan pengiriman barang melalui JNE atau POS yang dekat dengan tempat tinggal kami. Kalau Cargo sendiri sebenernya didaerah kami ada, tapi bukan Indah Cargo melainkan Wahana Cargo. Untuk tarif ongkir sendiri memang Wahana lebih sedikit mahal dari Indah Cargo dan custumer kami masih “kekeh” meminta barangnya dikirim dengan Indah Cargo. Salah satu kelebihan Indah Cargo adalah bila kita mengirim barang lebih dari 11Kg(kalau tidak salah) maka tarif ongkirnya berbeda dari biasanya, bisa le